Sabtu, 06 Oktober 2012

Sabar Dalam Derita

"Jika Aku menguji hambaku dengan  menghilangkan dua kesayangannya kemudian ia sabar niscaya Aku menggantinya dengan surga "

Diriwayatkan : Imam Bukhari, Muslim, dan Anas bin Malik

Sababul Wurud :
Kata Anas : " Malaikat Jibril telah datang ke pada Nabi Muhammad SAW yang disisinya terdapat Ibnu Ummi Maktum. Jibril bertanya : " Sejak kapan hilang kedua matamu ?". Jawabnya : "Sejak kecil ". Kata Jibril : " Allah telah berfirman : " Jika Kuambil dua kesayangan ( kedua mata ) hambaKu dan dia bersabar niscaya ...... dan seterusnya."

Al Baihaqi mengungkapkan dalam "As Syi ' ib" dari Thariq Hilal bin Suwaid bahwa ia telah mendengar kata-kata Anas : " Telah lewat dihadapan kami Ibnu Maktum, dia mengucapkan sala. Tiba-tiba Rasulullah bersabda : "Tidakkah kuberitahukan kepada kalian apa yang diberitahukan Jibril kepadaku yaitu bahwasannya Allah telah berfirman : "Barangsiapa yang Aku ambil dua kesayangannya...... dan seterusnya.

Keterangan :
Sabar disaat diuji pertanda kesempurnaan iman. Maka jika seseorang diuji Allah kemudian ia bersabar, Allah akan menggantiny dengan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar